Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu al-Qur'an (STAI-PIQ) Sumatera Barat

Program

Program
STAI-PIQ Sumatera Barat mempunyai program-program guna membantu mempercepat akselerasi Program Studi yang ada, diantaranya adalah: 
  1. Program Reguler; merupakan program untuk semua program studi yang ada. Meskipun disebut program reguler, namun ada nilai plusnya yaitu hafalan al-Qur'an 5 (lima) Juz. Untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) yang berubah dari Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I). Sedangkan untuk Program Studi Ilmu al-Qur'an dan Tafsir diberikan Ijazah dengan gelar Sarjana Agama (S.Ag.) yang berubah dari Sarjana Ushuluddin (S.Ud.) yang berubah dari Sarjana Theologi Islam (S.Th.I) ketika program studi ini masih bernama Tafsir Hadits

  2. Tahfizh wa Tafhim al-Qur'an (TTQ); merupakan program dari awal berdirinya STAI-PIQ Sumatera Barat, namun dahulunya bernama Fahmul Qur'an dan Hifzhil Qur'an. Karena adanya perubahan nomenklatur dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Agama RI, pada tahun 2007 oleh Ketua STAI-PIQ Sumatera Barat saat itu Bapak Dr. H. Syar'i bin Sumin,M.A. program ini diganti namanya menjadi Tahfizh wa Tafhim al-Qur'an. Dengan adanya program ini maka mahasiswa diberikan gelar Sarjana Ilmu al-Qur'an (S.I.Q.). Nilai plus dari program ini mahasiswa diwajibkan menghafal al-Qur'an 30 (tiga puluh) juz. 

  3. Ma'had 'Aliy Lil Qur'an wa Sunnah (MA); merupakan program pengkaderan ulama yang digagas dengan Gubernur Sumatera Barat pada tahun 2012 yang ketika itu dijabat oleh Prof. Dr. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc. Kekhususan Program ini adalah menggunakan bahasa pengantar perkuliahan dengan bahasa Arab atau Inggris dan hafalan al-Qur'an sebanyak 10 (sepuluh) Juz.
Back To Top